ABSTRAK
Rani Kartikasari. 2007. Hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 SDN Plosorejo I desa Plosorejo Randublatung Kabupaten Blora. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dra. ER. Rustiana, M.Si, II. Dina Nur A. N, SKM.
Kata Kunci : Status Gizi anak, tingkat pendidikan terakhir Ayah, tingkat pendidikan terakhir Ibu, dan hasil belajar siswa.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran responden berdasar status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, tingkat pendidikan terakhir ibu, dan hasil belajar siswa, apakah ada hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran responden berdasar status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, tingkat pendidikan terakhir ibu, dan hasil belajar siswa, hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah, dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan desain case control. Populasi adalah semua siswa sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6 yang ada di SDN Plosorejo I, sejumlah 85 anak. Sampel sejumlah 62, terdiri dari 31 kelompok kasus dan 31 kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan restriksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah timbangan injak (seca), microtoise, buku daftar kelas, buku raport siswa. Analisis bivariat dengan uji statistik Chi Square dan untuk mengetahui besar faktor resiko digunakan analisis Odds Ratio. Hasil penelitian menyebutkan bahwa status gizi (BB/TB) siswa kelas 4, 5, dan 6 SDN Plosorejo I sebagian besar normal, pada kelompok kasus sebesar 87,1% dan kelompok kontrol sebesar 61,2%, status gizi (TB/U) sebagian besar normal, pada kelompok kasus sebesar 74,2% dan kelompok kontrol sebesar 67,8%, tingkat pendidikan terakhir ayah sebagian besar tamat SD, pada kelompok kasus sebesar 25,8% dan kelompok kontrol sebesar 38,8%, dan tingkat pendidikan terakhir ibu sebagian juga tamat SD, pada kelompok kasus sebesar 35,4% dan pada kelompok kontrol sebesar 42%.
Dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gizi (BB/TB) dengan hasil belajar (p value=0,040 dan OR=4,623), tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi (TB/U) dengan hasil belajar siswa (p value=0,780 dan
OR=1,369), tidak ada hubungan tingkat pendidikan terakhir ayah dengan hasil belajar siswa (p value=0,786 dan OR=0,744), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa (p value=0,057 dan OR=0,291). Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada hubungan yang signifikan antara status gizi (BB/TB) dengan hasil belajar, tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi (TB/U) dengan hasil belajar siswa, tidak ada hubungan tingkat pendidikan ayah dengan hasil belajar siswa, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan hasil belajar siswa.
Saran yang diajukan adalah bagi Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa lain untuk melakukan penelitian dengan tema yang sama sebagai bahan perbandingan hasil penelitian. Bagi SDN Plosorejo I adalah memberikan informasi kepada orang tua siswa bahwa siswa perlu membiasakan konsumsi energi yang sebanding dengan kebutuhan energi yang digunakan untuk aktivitas setiap hari agar anak mampu melaksanakan tugas belajarnya secara baik, dan orang tua hendaknya mendampingi belajar agar dapat membantu kesulitan-kesulitan belajar anaknya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengambil populasi yang lebih luas sehingga diperoleh hasil yang lebih dapat dipertangungjawabkan.
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan. Skripsi dengan judul “Hubungan antara status gizi anak, tingkat pendidikan terakhir ayah dan tingkat pendidikan terakhir ibu dengan hasil belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 SDN Plosorejo I desa Plosorejo Randublatung Kabupaten Blora”, disusun untuk melengkapi persyaratan memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Skripsi ini dapat diselesaikan dengan bantuan berbagai pihak, dengan rendah hati disampaikan rasa terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada:
1. Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, Bapak Drs.Sutardji, M.S, atas ijin penelitian.
2. Ketua Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ibu dr. Hj Oktia Woro KH, M.Kes, atas ijin penelitian.
3. Dosen pembimbing I, Ibu Dra. ER. Rustiana, M. Si, atas bimibingan, kritik, dan saran dalam penyelesaian skripsi.
4. Dosen pembimbing II, Ibu Dina Nur A. N, SKM, atas bimibingan, kritik, dan saran dalam penyelesaian skripsi.
5. Bapak dan Ibu dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat, atas bekal pengetahuan yang diberikan.
6. Kepala Sekolah SDN Plosorejo I, Bapak Jahmin, atas ijin penelitian.
7. Bapak dan Ibu guru kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 SDN Plosorejo I, atas bantuan pelaksanaan penelitian.
8. Siswa kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 SDN Plosorejo I, atas bantuan pelaksanaan penelitian.
9. Teman-temanku Heni, Dwi, Mbak Berti, Etik, Rini, Lisa, teman-teman IKM angkatan tahun 2002, teman-teman seperjuangan (Umi, Naely, Hanida, Eka, Siwi, Izzah, Dwi, Destia, Lia, Baroroh), dan teman-teman kos Wisma Melati, atas motivasi dan bantuan dalam penelitian.
10. Semua pihak yang tidak dapat Penulis sebutkan satu per satu, atas bantuan dan kerjasama yang diberikan dalam penelitian.
Penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna, diharapkan kritik dan saran demi sempurnanya skripsi ini. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca.
Semarang, Februari 2007
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
JUDUL ............................................................................................................ i
ABSTRAK ...................................................................................................... ii
PERSETUJUAN............................................................................................. iv
MOTTO DAN PERSEMBAHAN................................................................. v
KATA PENGANTAR.................................................................................... vi
DAFTAR ISI................................................................................................... viii
DAFTAR TABEL .......................................................................................... x
DAFTAR GAMBAR...................................................................................... xi
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................. xii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................... 1
1.1 Latar Belakang Masalah ......................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah................................................................................... 5
1.3 Tujuan Penelitian.................................................................................... 6
1.4 Manfaat Hasil Penelitian ........................................................................ 7
1.5 Keaslian Hasil Penelitian........................................................................ 9
1.6 Ruang Lingkup Penelitian ...................................................................... 11
BAB II LANDASAN TEORI ..................................................................... 12
2.1 Landasan Teori ....................................................................................... 12
2.1.1 Hasil Belajar ..................................................................................... 12
2.1.1.1 Pengertian Belajar .................................................................. 12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar